Rabu, 23 April 2014

Manfaat Jati Belanda

Manfaat jati Belanda memang sudah tidak diragukan lagi, tidak hanya dalam dunia furniture atau permebelan saja, tetapi juga dalam dunia medis. Banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa daun jati Belanda ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, belakangan daun jati Belanda juga diketahui memiliki manfaat untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan menggunakan kelinci sebagai hewan percobaan pada empat kelompok perlakuan. Yang kemudian diperoleh hasil bahwa ternyata pemberian ekstrak daun jati Belanda dalam tiga bentuk ekstrak air, etanol, dan fraksi aktif steroid dapat berpengaruh terhadap kadar lipid darah.

Fakta ini pada beberapa tahun terakhir juga telah membuat para pengusaha jamu tertarik untuk memproduksi jamuan herbal engan bahan jati Belanda ini. Sehingga kini untuk dapat menemukan obat herbal dari jati Belanda pun menjadi semakin mudah.

Selain daunnya, manfaat jati Belanda lainnya juga diperoleh pada bagian lain dari pohon jati Belanda yakni kulit, buah, dan bijinya. Dimana bagian kulitnya biasa dipakai sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit cacing atau kaki gajah. Sementara buahnya digunakan sebagai obat batuk rejan. Anda pun dapat menggunakan rebusan biji jati Belanda yang sudah dibakar seperti kopi dapat diminum sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Meski demikian, sangat dianjurkan untuk berhati-hati dan tidak berlebihan dalam menggunakan tumbuhan jati Belanda ini sebagai jamu, baik itu daun, kulit maupun bijinya. Sebab sifatnya yang keras mampu merusak usus apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus.

Manfaat jati Belanda lain dapat Anda temukan dalam dunia furniture atau mebel dimana kayu jati Belanda ini banyak sekali dimanfaatkan untuk pembuatan bebagai furniture yang cantik dan menarik. Sebagian besar furniture jati Belanda yang bereda di Indonesia adalah limbah peti kemas, sehingga tidak heran jika harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan furniture jati lokal. Meski demikian kualitas dan stabilitas dari kayu jati Belanda limbah peti kemas ini tidak perlu lagi diragukan. Dengan banyaknya manfaat jati Belanda inilah yang kemudian membuat banyak pengusaha memutuskan untuk berbisnis jati Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar