Selasa, 22 April 2014

Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda sebagai salah satu bagian dari berbagai jenis kayu jati menjadi sebuah pilihan favorit untuk anda gunakan dalam berbagai bagian hunian anda. Pada masa lalu, jati sempat dianggap sebagai jenis asing yang dimasukkan (diintroduksi) ke Jawa; ditanam oleh orang-orang Hindu ribuan tahun yang lalu. Namun pengujian variasi isozyme yang dilakukan oleh Kertadikara (1994) menunjukkan bahwa jati di Jawa telah berevolusi sejak puluhan hingga ratusan ribu tahun yang silam. Sejak 1927, hutan jati tercatat menyebar di pantai utara Jawa, mulai dari Kerawang hingga ke ujung timur pulau ini. Luas lahan hutan jati Perhutani di Jawa mencapai sekitar 1,5 juta hektar. Ini nyaris setara dengan setengah luas lahan hutan Perhutani atau sekitar 11% luas Pulau Jawa dwipa. Hal ini tentu menunjukkan sangat besarnya kebutuhan masyarakat akan kayu jati.

Kayu jati belanda atau yang lebih akrab disebut kayu peti kemas / pallet kayu, adalah salah satu material yang sejak dulu sampai sekarang tetap diminati sebagai bahan dasar furnitur. Daya tariknya yang utama ada pada harganya yang relatif murah, karena kayu ini adalah kayu bekas peti-peti pengemas barang impor yang sebagian besar diangkut kapal laut. Daya tarik lain dari kayu yang berwarna kuning muda ini adalah terletak pada alur urat dan mata kayunya. Kelebihan kayu ini yakni tidak mudah terbakar serta anti rayap, karena bahan kayu ini telah disemprot dengan cairan kimia anti rayap.

Kayu jati merupakan kayu kelas satu, tidak terlepas pula dengan kayu jati belanda ini. Di samping masalah harga, kayu jati juga memiliki nilai filosofis spiritual yang tinggi. Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh Sunan Kalijaga yang mengutamakan seluruh bangunan menggunakan kayu jati, dengan harapan ditemukan kesejatian dalam proses kehidupan anda. Oleh karena itu penggunaan kayu jati masih menjadi favorit di sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dengan kayu ini, anda dapat membuat tiang pondasi, jendela, kusen, rusuk, maupun berbagai furniture yang menghiasi ruangan anda. Apabila anda ingin membuka usaha café atau rumah makan dapat menggunakan kayu ini sebagai tambahan hiasan. Memiliki kayu ini, berarti anda dapat fleksibel memanfaatkannya. Jangan berlama-lama menentukan langkah anda memiliki kayu ini.Kami menjamin kualitas kayu ini hingga sampai ke tangan anda. Kepuasan anda merupakan kebahagiaan bagi kami. Kami wujudkan keinginan anda dengan kayu jati belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar